Alat-Alat Musik di Dunia yang Mungkin Tidak Pernah Anda Dengar

Apakah anda mengetahui alat musik tradisional apa saja yang berasal dari Indonesia? Saking banyaknya alat musik tradisional Indonesia sangat sedikit ornag yang mengetahui semuanya, apalagi seluruh alat musik tradisional yang ada di dunia. Dalam artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai beberapa alat musik di dunia yang mungkin sebagian besar dari anda belum pernah mendengarnya.
Koauau
Koauau merupakan nama yang unik dan mungkin saat mendengarnya, mungkin anda tidak mengira bahwa Koauau adalah sebuah alat musik. Sebenarnya Koauau adalah sejenis flute yang berasal dari Selandia Baru. Koauau juga merupakan alat musik tradisional dari Selandia Baru yang paling terkenal dari Selandia Baru. Koauau bisa dibuat dari berbagai macam bahan seperti kayu, tulang hewan seperti tulang pada sayap burng elang laut, dan bahkan bisa dibuat dari tulang manusia. Panjang Koauau sekitar 12 cm hingga 15 cm. Dengan tiga buah lubang yang berjarak 1 hingga 2 cm antar lubangnya.
Nyckelharpa
Nyckelharpa merupakan alat musik yang berasal dari negara Swedia dan memiliki penampilan yang mirip dengan biola. Nyckelharpa menmpunyai senar dan untuk negatur kunci nadanya dilakukan pada garis singgung ketika frets ditekan. Saa seperti biola, maka Nyckelharpa juga diopang di leher dan ditahan dengan tangan kanan.
Ocarina
Ocarina mungkin alat musik unik yang pernah anda dengar namanya. Ocarina pernah dimainkan oleh seorang musisi dari luar negeri yang videokilpnya terkenal pada tahun 1990 an di Indonesia. Ocarina masih digolongkan sebagai vessel flute dan sudah ada semenjak 12 ribu tahun yang lalu. Walaupun ada beberapa jenis modifikasi ocarina  namunumumnya ocarina mempunyai 4 hingga 12 lubang dan satu corong yang agak menonjol. Biasanya ocarina dibuat dari kermaik atau tanah liat, namun sekarang kita bisa menemukan ocarina yang terbuat dari plastik, logam, kayu maupun kaca.
Kundu
Kundu merupakan nama sebuah alat musik tradisional dari negara tetangga yaitu Papua Nugini. Kundu sebenarnya alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan tangan kita sendiri. Kundu terbuat dari kayu yang diberi lubang kemudian ditutup dengan kulit kadal. Ada berbagai macam ukuran dari kundu mulai dari yang diameter bulatannya hanya 30 cm hingga ada yang mencapai diameter 200cm.
related alat musik

0 Comment "Alat-Alat Musik di Dunia yang Mungkin Tidak Pernah Anda Dengar"

Post a Comment