SHAMISEN: Alat Musik Tradisional Jepang

Jepang merupakan negara yang kecil namun pertumbuhan ekonomi Jepang sangatlah tinggi. Orang Jepang terkenal akan disiplin dan kerja keras mereka bahkan boleh dibilang bahwa orang Jepang meruakan orang-orang yang menghargai ketepatan waktu. Nah kali ini saya akan  membahas sisi lembut dari Jepang selain sisi kerja keras dan disiplin mereka yaitu alat musik tradisional Jepang. Namun saya tidak akan membahas semua alat musik tradisional Jepang disini namun saya hanya akan membahas mengenai SHAMISEN.
SHAMISEN berbeda dengan KOTO yang dimainkan bagi KAISAR atau kalangan istana karena SHAMISEN lebih sering dimainkan oleh kalangan rakyat jelata. SHAMISEN merupakan perbaharuan dari SANSHIN yang berasal dari daerah OKINAWA yang populer pada abad ke 16 dan terbuat dari kulit ular.

Bentuk SHAMISEN
Orang Jepang sangat menyukai bentuk SHAISEN dan bukan orang Jepang saja namun para pecinta seni dari seluruh dunia juga mengakui keindahan bentuk dari SHAMISEN ini. Banyak orang yang mengatakan bahwa bentuk SHAMISEN yang indah ini terbentuk dari inspirasi akan keindahan bentuk tubuh kaum hawa atau wanita.
Bahan SHAMISEN
SHAMISEN memiliki tiga buah dawai saja yang memiliki ketebalan yang berbeda sehingga akan menimbulkan suara yang berbeda pula. KOMA terletak diantara dawai dan badan SHAMISEN sehingga akan menimbulkan suara dari SHAMISEN tersebut.  Bagian SHAMISEN lainnya adalah BACH, SAO, DO dan juga KANDOROKO.
SHAMISEN umunya terbuat dari bahan kayu yang disebut sebagai Red Sanders atau dalam bahasa Jepangnya disebut dengna Koboku. Kayu ini sangat keras dan umumnya tumbuh di India bagian Selatan. Dawainya umumnya terbuat dari bahan Sutra dan bagian badannya terbuat dari bahan kulit binatang.

Genre Musik SHAMISEN
Alat musik SHAMISEN mempunyai beberapa jenis yang tentu saja memiliki perbedaan baik pada ukuran maupun pada ketebalannya. SHAMISEN juga memiliki beberapa genre musik. Beberapa genre musik dari alat musik SHAMISEN ini yaitu JIUTA dan SANKYOKU. JIUTA merupakan genre musik yang murni yang biasanya dimainkan bersama-sama dengan KOTO ataupun SHAKUHACHI. Sedangkan genre SANKYOKU merupakan jenis musik ansembel yang akan menggunakan tiga jenia alat musik tradisional Jepang yaitu SHAMISEN, KOTO dan juga SHAKUHACHI.
ref: http://id.yamaha.com/id/products/musical-instruments/

0 Comment "SHAMISEN: Alat Musik Tradisional Jepang"

Post a Comment