Perkembangan Saxophone dan Musik Jazz

Kita tahu bahwa musik Jazz dan saxophone merupakan suatu kesatuan karena musik jazz tidaklah akan lengkap tanpa saxophone. Jika anda mengunjungi Music Jazz Festival yang diadakan setiap tahunnya maka anda akan melihat bagaimana kuatnya peran saxophone dalam sebuah grup and Jazz yang bercampur menjadi satu dengan alat musik lainnya serta salling melengkapi untuk menciptakan suatu musik Jazz yang enak.  Di artikel kali ini saya akan membahsa soal alat musik Saxophone ini dan juga awal masuknya musik Jazz di Indonesia.

Serba Serbi Saxophone
 Saxophone yang diciptakan pada abad ke 19 oleh seorang pemain musik clarinet Belgia yang bernama Aldophe Sax merupakan alat musik aerophone yang menggunakan single reed. Awalnya Sax  ,enciptakan saxophone untuk band militer Perancis namun dalam perkembangannya maka saxophone mulai dipakai dalam jenis-jenis musik popular, musik-musik big band dan terutama musik Jazz.

Saxophone diklasifikasikan menjadi keluarga orkestra dan keluarga band. Keluarga orkestra antara lain sopranino in Bb, Sopranino in Eb, Tenor in Bb, Alto in Eb, Baritone in Eb, Contrabass in Eb, dan juga Bass in Bb. Keluarga band antara lain Sopranino in C, Sopranino in F, Alto in F, Baritone in F, Tenor in C, Contrabass in F dan juga Bass in C.  Setelah Hak paten Sax habis pada tahun 1886 maka bemrunculanlah para pencipta saxophone lainnya yang membantu perkembangan saxophone menjadi lebih cepat.

Awal Masuknya Musik Jazz di Indonesia
Musik Jazz mulai masuk ke Indonesia sekitar awal tahun 1900 an. Sejarah mencatat bahwa musik Jazz memnag dimainkan di Indoensia oleh pemian musik Belanda maupun Indonesia bahkan jauh sebelum masa kemerdekaan dan salah satunya adalah band Black and White yang dipimpin oleh W.R. Supratman yang dibentuk di Makassar. Ada juga band lainnya yang bernama Melody Makers yang dibentik pada tahun 1930 an yang beranggotakan Jacob Sigarlaki, hein Turangan, Bootje Pesolima, Nico Sigarlaki dan juga Tjok Sinsu.

Indonesia sempat mengejutkan dunia di ajang Berlin Jazz Festival pada tahun 1967 dimana band Indonesia All Star yang beranggotakan Bubi Chen, Jopie Chen, Jack Lesmana, Beny Mustapha Van Diesta dan juga Maryono yang memainkan alat musik Saxophone memainkan Jazz Indonesia. Inilah Awalnya dunia melihat potensi Jazz Indonesia hingga sekarang ini,


0 Comment "Perkembangan Saxophone dan Musik Jazz"

Post a Comment