Keunikan Saluang Alat Musik Tradisional Minang

Indonesia dikenal dengan ragam budaya, sehingga jangan heran dari berbagai suku budayanya memiliki alat musik dengan keunikan masing-masing. Salah satunya adalah alat musik tradisional Sumatra Barat, yaitu Saluang.

Saluang merupakan alat musik tiup menyerupai seruling, yang terbuat dari talang atau bambu tipis. Menurut orang Minang, talang yang digunakan untuk pembuatan saluang adalah talang untuk jemuran kain atau yang ditemukan hanyut di sungai.

Saluang dimainkan sebagai musik pengiring dalam suatu pertunjukan musik di Minang, seperti acara adat atau acara pernikahan. Biasanya, dendangan alat musik satu ini berisi mengenai pesan, sindiran, dan beberapa kritikan halus. Dendangan ini memiliki tujuan agar manusia selalu ingat dan bersyukur dengan kehidupan yang di beri oleh penciptanya.

Uniknya, tiap nagari atau daerah di Sumatra Barat memiliki cara masing-masing untuk memainkannya. Jadi jangan heran, jika Anda berkunjung ke Sumatra Barat dan melihat sesorang memainkan saluang dengan teknik yang berbeda-beda. Namun, menurut seniman Minang gaya yang susah dimainkan oleh pemula adalah gaya Singgalang yang biasanya dimainkan pada awal lagu.

Penasaran bagaimana bunyi dendangan dari alat musik saluang? Anda bisa menikmati beberapa dendangannya yang berjudul Padang Magek, Ambun Pagi, Ratok Solok, dan lainnya.

1 Response to "Keunikan Saluang Alat Musik Tradisional Minang"

  1. Download Lagu, Mp3, Video Terbaru Mudah dan Gratis
    wapmek - MP3 & Video Downloader

    ReplyDelete