Mengenal Jenis dan Nama Bagian Biola

Jenis alat musik yang satu ini memiliki bentuk yang hampir serupa dengan gitar. Meskipun bisa dibilang hampir sama dari segi bentuk, namun cara memainkan alat musik ini jauh berbeda dengan gitar. Jika gitar dimankan dengan cara dipetik, biola ini dimainkan dengan cara digesek. Selain bisa memainkan, seorang violis juga harus tau mengenai jenis serta nama bagian alat musik yang dimainkanya.

Jenis alat musik Biola
Terdapat dua jenis alat musik biola yang dibagi berdasarkan fungsi serta tujuanya yakni student violin dan professional violin. Student violin merupakan satu set alat musik biola yang diperuntukan bagi para pemain pemula. Sedangkan profesional violin adalah seprangkat biola yang diperuntukan bagi mereka yang sudah mahir dan handal dalam memainkan alat musik biola. Tentu saja alat yang ditujukan untuk student dan profesional memiliki spesifikasi serta harga yang bebeda.

Bagian – bagian biola
Diantara bagian penting dan utama biola adalah badan biola, leher biola, jembatan biola, papan jari, senar dan tak lupa alat penggeseknya yaitu busur. Setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda-beda.

1.     Leher biola.
Biasanya terbuat dari bahan kayu mapel yang setipe dengan bagian samping dan belakang. Pada bagian leher ini terdapat papan jari yang dibuat dari kayu juga yang berfungsi untuk menahan senar.

2.     Jembatan biola
Dibuat dari kayu mapel yang berfungsi untuk menahan senar pada saat ketinggian tertentu dari papan jari dengan bentuk melengkung agar dapat digesek bersama atau sendiri-sendiri. Selain itu juga untuk menghantarkan getaran bunyi dari senar ke bagian badan biola.
3.     Senar biola
Dibuat dari usus domba yang sudah dicampur dengan logam khusus. Jika disetel dengan tekanan yang besar maka volume yang dihasilkan juga akan lebih besar.
4.     Busur biola

Busur atau alat penggesek pada biola ini terbuat dari sebatang kayu yang pada bagian ujungnya dihubungkan dengan rambut kuda untuk menghasilkan suara yang nyaring.
Dengan memiliki kualitas biola yang bagus, maka jaminan suara yang baguspun akan didapatkan. Yamaha adalah satu penyedia alat musik yang salah satunya adalah biola.Menggunakan alat musik buatan Yamaha adalah pilihan cerdas bagi Anda yang tahu kualitas.

Sumber: id.yamaha.com

0 Comment "Mengenal Jenis dan Nama Bagian Biola"

Post a Comment