Ikuti Langkah Ini Agar Gitar Akustikmu Tetap Awet

Anda memiliki alat musik berupa gitar akustik dan bingung bagaimana cara merawatnya? Memiliki hobi bermain musik adalah sesuatu yang menyenangkan. Tak heran jika bagi Anda yang senang bermain musik memiliki beberapa alat musik di rumah. Alat musik berupa gitar akustik adalah alat musik yang paling banyak dimiliki oleh berbagai kalangan. Disamping memiliki suara yang indah dan mudah dimainkan, gitar akustik merupakan alat musik dengan harga murah dan menghibur. Memiliki alat musik berarti Anda harus pandai merawatnya agar alat musik tetap awet dan menghasilkan suara gitar yang tetap sama merdunya. Bagaimana merawat gitar akustik yang baik? Ikuti langkah-langkah merawat gitar akustik berikut untuk menjaga agar gitar Anda tetap seperti baru.

Memberikan Perlakuan Perawatan dengan Baik dan Benar
Salah satu hal yang menjaga agar gitar akustikmu tetap awet dan terlihat seperti baru terdapat beberapa perawatan yang sebaiknya dilakukan. Berilah perlakuan dan perawatan yang baik dan benar pada gitar akustik kesayanganmu. Perawatan yang baik dapat dimulai dari hal-hal sederhana seperti menyimpan gitar di tempat yang benar, menjaga gitar dari suhu ekstreem dan kelembaban, serta membersihkan gitar dengan rutin. Menyimpan gitar di tempat yang benar adalah meletakkan alat musik di tempat yang datar, tidak mudah tergeser dan dalam posisi yang tepat. Menyimpan gitar sebaiknya dilakukan dengan cara digantung atau diletakkan pada tempat peletakkan stand gitar. Posisi peletakkan yang tepat akan menjaga kualitas suara gitar agar tetap stabil dan menghasilkan nada yang merdu. Selain itu,, Anda perlu menjaga gitar dari kelembaban dan suhu yang ekstrem hal ini mengingat bahwa material utama dari gitar adalah kayu. Kayu akan mudah berjamur apabila diletakkan di tempat yang lembab dan akan mudah kering dan pecah-pecah di tempat yang sangat panas. Oleh sebab itu lindungi gitarmu ditempat yang aman. Tips terakhir ialah bersihkan gitarmu secara berkala. Membersihkan gitar secara rutin akan mempertahankan warna gitar dan fungsi gitar secara keseluruhan.

Perlindungan Lebih Untuk Gitar Akustik
Tak hanya melakukan perawatan standar yang telah dibaha, gitar akustikmu sebaiknya diberikan perlindungan lebih. Alat musik ini merupakan alat musik dawai sehingga memerlukan beberapa perhatian khusus. Salah satunya ialah kendurkan bagian senar apabila gtar akustik tidak digunakan ini akan memberikan jarak agar senar gitar tak melengkung. Selain itu gunakan tussrod untuk melengkapi gitarmu. Pilihlah senar gitar yang sesuai dengan tipe gitar akustik yang kamu miliki, terakhir berikanlah pelumas agar bagian tunner set tidak berkarat mengingat bagian ini dibuat dengan menggunakan material logam. Inilah beberapa tips merawat gitar yang dapat kamu lakukan agar gitarmu tetap awet.
Sumber: http://id.yamaha.com/id/products/musical-instruments/

0 Comment "Ikuti Langkah Ini Agar Gitar Akustikmu Tetap Awet"

Post a Comment