Lancar Bermain Piano dengan Cepat, Kuasai 5 Dasar Teknik Bermain Piano

Anda menyukai alat musik piano dan ingin dengan cepat menguasainya? Alat musik berupa piano merupakan salah satu alat musik yang sulit untuk dimainkan. Diperlukan kesabaran dan ketekunan lebih untuk dapat menguasai piano dengan baik. Hal inilah yang membuat pemain piano banyak yang menyerah. Agar Anda tidak patah semangat dan dapat menguasai piano dengan baik sebaiknya Anda menguasai lima teknik dasar dalam bermain piano. Apa sajakah kelima teknik dasar dalam bermain piano? Beirkut beberapa ulasan untuk Anda yang ingin menguasai permainan alat musik piano dengan mudah dan cepat.

Kuasai Teknik Dasar dalam Bermain Piano
Bermain piano adalah salah satu hal yang sulit untuk dilakukan, Anda memerlukan beberapa waktu untuk dapat menguasainya. Akan tetapi menguasainya akan membuat Anda memiliki kelebihan yang tidak orang lain miliki. Oleh sebab itu bagi Anda yang menginginkan kemahiran dalam bermain alat musik piano sebaiknya menguasai teknik dasar dalam bermain piano. Teknik dasar dalam bermain piano adalah fingering, touching, Rhythm dan tempo, Hramony dan terakhir adalah latihan reading.


Fingering merupakan teknik dasar bermain piano yang mengandalkan teknik perpindahan posisi jari tangan saat bermain. Memiliki posisi yang benar saat bermain piano adalah hal mutlak yang sebaiknya dikuasai oleh setiap orang yang ingin menguasai alat musik ini. Selain itu, Anda juga harus menguasai teknik touching yang benar yaitu latihan memainkan piano dengan interpretasi yang sesuai dengan petunjuk nada yang dimainkan. Teknik touching meliputi phrasing, dynamic dan ekspresi. Teknik dasar lainnya yang penting adalah rhythm dan tempo. Thythm dan tempo memberikan Anda pemahaman mengenai piano ketika bergabung bersama instrumen musik lainnya. Hal ini akan memberikan Anda teknik bermain yang tepat dengan mempelajari rhythm dan tempo yang sesuai. Harmony merupakan salah satu teknik dasar bermain piano yang sebaiknya Anda kuasai pula. Harmony adalah tekni untuk memberikan improvisasi dan pengembangan gaya dalam bermain. Mempelajar harmony berarti memperluas pengetahuan dan wawasan Anda mengenai permainan piano yang semakin baik. Selanjutnya adalah reading, readig memberikan pengalaman teknik dasar untuk membaca not balok dan teks nada. Hal ini penting karena semua lagu baru dimainkan dengan cara membaca not balok pada combo partitur.

Latihan yang Maksimal
Penguasaan dengan alat musik piano tidak akan maksimal apabila tidak diiringi dengan latihan rutin yang berkualitas. penguasaan teknik dasar saja tidak cukup memberikan Anda kemampuan untuk dapat menguasai dengan cepat. Latihan terus menerus dalam jangka waktu yang ditentukan akan memberikan hasil yang maksimal. Selamat berlatih!

0 Comment "Lancar Bermain Piano dengan Cepat, Kuasai 5 Dasar Teknik Bermain Piano"

Post a Comment