Alat Musik Tradisional Calung

Mungkin sebagian dari anda pernah mendengar tentang alat musik tradisional calung ini terutama bila anda berasal dari Sunda atau daerah Jawa Barat namun tidak sedikit pula orang yang tidak mengetahui atau bahkan belum pernah mendengar tentang calung ini. Dalam artikel kali ini saya akan memberikan informasi seputar calung setelah sebelumnya bercerita tentnag angklung untuk menambah wawasan anda akan alat musik tradisional yang ada di Indonesia.

Pengertian Calung
Sama halnya seperti angklung, calung pun berasal dari daerah Jawa Barat dan sudah menjadi ciri khas dari kebudayaan suku Sunda yang masih bertahan hingga sekarang ini. Alat musik inipun terbuat dari bambu sama seperti angklung hanya saja perbedaanya adalah calung dimainkan dengan cara dipukul dan bukan digetarkan seperti angklung dan biasanya calung dibuat dari bambu hitam karena kualitas suara yang dihasilkannya akan lebih baik. Cara bermain calung sebenarnya dilakukan dengan cara memukul wilahan atau bilah bambu dari tabung-tabung bambu yang disusun sedemikian rupa menurut tangga nada pentatonik dan menghasilkan alunan-alunan nada yang harmonis.

Jenis-Jenis Calung
Pada dasarnya alat musik calung dibagi menjadi dua jenis yaitu calung rantay dan juga calun jinjing. Calung rantay merupakan jenis calung dimana tabung-tabungnya disusun dari yang terbesar hingga terkecil dan diikat dengan talli kulit waru. Total semua ada 7 buah tabung bambu yang bisa disusun dalam satu baris ataupun dua baris kemudian dimainkan dengan cara dipukul dnegan menggunakan dua buah tangan sambil duduk bersilah. Ada juga yang memainkan  calung dengan berdiri dimana calung rantay akan diikat di bilik rumah atau di pohon deperti calung rantay Banjaran atau menggunakan dudukan khusus seperti calung rantay kanekes atau baduy.

Calung jinjing merupakan jenis calung yang paling dikenal di masyarakat pada umunya dan merupaka jenis perkembangan dari calung rantay. Lain halnya dengan calung rantay yang terdiri dari 7 buah bambu, calung jinjing hanya mneggunakan 4 sampai 5 buah bambu. Calung jinjing terdiri atas kelompok bambu bernada yang digabungkan dengan paniir. Kelompok bambu bernada tersebut ada yang disebut calung kinking, calung panempas, calung jongjrong dan calung gonggong. Biasanya calung jinjing hanya menggunakan kombinasi dari satu buah calung kingking, dua buah calung panempas dan satu buah calung gonggong.

Rekomendasi alat musik : http://id.yamaha.com/id/products/musical-instruments/


1 Response to "Alat Musik Tradisional Calung"