Belajar Bermain Gitar dengan Teknik Fingerstyle


Alat musik gitar mungkin merupakan alat musik yang paling banyak dimainkan di Indonesia, mulai dari yang menguasainya melalui belajar kursus gitar ataupun dimainkan oleh mereka yang belajar secara otodidak. Bermain gitar tidak hanya bisa memetik sinar gitar ataupun mengguasai chord-chord gitar karena ternyata teknik bermain gitar ada lebih dari satu dan salah satunya adalah teknik fingerstyle.

Teknik Fingerstyle
Fingerstyle merupakan teknik bermain alat musik gitar dengan cara memetik senar-senar gitar tersebut secara langsung dengan ujung kuku ataupun pick gitar. Sebenarnya teknik fingerstyle merupakan paket teknik-teknik gitar yang seringkali salah diartikan oleh orang awam sebagai sebuah style dalam bermain gitar. Awalnyapun teknik ini dipakai dalam permainan vihuela dan lute dan hingga sekarang teknik fingerstyle ini telah berkembang menjadi beberapa variasi.

Cara Menguasai Teknik Fingerstyle Bagi Pemula
Untuk dapat menguasai teknik fingerstyle dari alat musik gitar memang membutuhkan waktu yang cukup lama apalagi bila ingin seperti ahli-ahli gitar dunia yang memakai teknik fingerstyle denagn sangat sempurna seperti Andi Mckee, Sung Ha Jung dan sebagainya namun saya akan memberikan tips atau cara bermain teknik fingerstyle untuk para pemmula disini.

Cara pertama adalah  biasakan menggunakan ujung jari anda untuk memetik senar gitar walaupun akan terasa sakit pada awalnya. Latihlah hal ini setiap hari agar ujung jari kanan anda menjadi terbiasa atau ujung jari kiri untuk mereka yang kidal.

Cara kedua adalah senam jari atau disebut juga fingering. Senam ini bisa anda lakukan setiap hari dengan cara memetik dua senar teratas dengan ibu jari lalu senar selanjutnya dengan jari telunjuk hingga senar terakhir dengan jari kelingking. Anda bisa memvariasikan urutannya misalnya dengan memulaiya dengan kelingking dulu atau jari tengah dulu dengan tujuan agar jari anda kuat dan terbiasa memetik senar gitar tersebut.

Seetelah anda menguasai atau telah melakukan dua cara diatas maka tahap berikutnya adalah melatih teknik fingering yang sebenarnya. Anda bisa melatih teknik anda dengan memainkan lagu yang memakai teknik fingerstyle seperti lagu yang ada di songsterr.com. Latihlah teknik ini secara rutin maka tanpa anda sadar, anda akan memainkan teknik ini seakan-akan hal ini merupakan baggian dari tubuh anda sendiri. Selamat berlatih dan sampai jumpa di artikel berikunya.
sumber: id.yamaha.com

0 Comment "Belajar Bermain Gitar dengan Teknik Fingerstyle"

Post a Comment