Mengenal Alat Musik Bambu Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan unsur budaya. Salah satu bentuk elemen budaya yang pasti adalah alat atau instrumen musik tradisional. Ada banyak sekali jenis alat atau instrumen musik tradisional asli Indonesia. Dari semua instrument musik tersebut alat musik bambu  adalah salah satu yang paling unik. Mereka terbuat dari bambu, tanaman yang dikenal di hampir seluruh bagian dunia. Orang Indonesia sendiri sudah memanfaatkan kegunaan bambu sejak dahulu untuk berbagai keprluan. Bambu memiliki struktur yang kuat, namun mudah untuk dibentuk. Selain itu, instrumen yang terbuat dari bambu awet dan tahan lama. Dalam kesempatan kali ini ada beberapa instrumen musik dari bambu yang akan dibahas berikut ini.

Alat Musik Angklung
Alat musik bambu yang pertama adalah angklung. Instrumen musik yang satu ini pastinya sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Angklung yang aslinya berasal dari Jawa Barat ini bahkan sudah diakui PBB menjadi instrument musik tradisional Indonesia. Instrumen musik ini akan menghasilkan suara dan nada dengan cara digoyangkan. Saat digoyangkan, badan pipa bambu pada angklung akan saling berbenturan dan menghasilkan nada khas yang indah. Ada tiga teknik cara memainkan angklung yaitu, kurulung, centok, dan tengkep. Sebenarnya ada beberapa jenis angklung yang terdapat di Indonesia. Jenis angklung biasanya dibedakan pada kegunaannya pada suatu acara atau ritual dan juga daerahnya.

Alat Musik Basek
Instrument musik yang berasal dari bambu lainnya adalah basek atau bambu gesek. Basek pertama kali diciptakan oleh Joko Suranto. Dari namanya kita pastinya sudah tahu cara memainkan alat musik bambu unik ini. Cara kerja instrumen ini adalah dengan cara digesek seperti halnya pada permainan biola. Basek memiliki tiga buah senar. Suara dan nada yang dihasilkan oleh basek atau bambu gesek ini dapat menyesuaikan nada yang dihasilkan biola atau rebab. Kegunaan basek juga sangat beragam. Mulai dari musik tradisional hingga musik pop dapat diiringi dengan basek. Menurut pembuatnya, Joko sekarang sudah ada empat jenis basek yang terdapat di Indonesia.

0 Comment "Mengenal Alat Musik Bambu Indonesia"

Post a Comment