Musik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Intelektual

Kecerdasan yang sering dimaksud oleh orang banyak adalah kecerdasan intelektual, bukan emosional atau pun spiritual. Mengapa? Karena kecerdasan intelektual lah yang digunakan dalam sekolah-sekolah dan menjadi tolak ukur dalam nilai di hampir tiap institusi pendidikan. Orang lebih dianggap cerdas jika mampu mengerjakan soal matematika ketimbang membaca perasaan orang lain. Maka dari itu, kecerdasan intelektual memainkan peranan penting dalam pendidikan formal. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan skor IQ. Salah satunya adalah dengan musik. Ya. Musik ternyata mampu untuk meningkakan kecerdasan seseorang, menurut penelitian yang dilakukan oleh sekumpulan peneliti.

Peran Musik dalam Kecerdasan Intelektual
Ketika kita belajar memainkan alat musik, piano contohnya, kita mampu menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri silahkan cek harga piano. Otak kanan adalah tempat emosi, visual, seni, imajinasi, dan kreativitas berada, sedangkan otak kiri adalah di mana logika, rasio, bahasa, dan angka berada. Ketika kita memainkan alat musik, kita akan terpaku pada irama, ketukan, bilangan, dan menerjemahkan not balok menjadi musik. Itu semua adalah fungsi otak krii. Di saat yang sama, kita juga menggunakan hati dan perasaan untuk bisa memahami dan ikut larut dalam sebuah lagu, kita menggunakan intuisi untuk memaknai satu nomer lagu. Itu adalalh fungsi otak kanan. Dan ketika keseimbangan sudah tercipta, tidak sulit untuk bisa meningkatkan beberapa poin dalam tes kecerdasan intelektual.

Musik dan Pelajaran Sekolah
Dalam sebuah penelitian pula, disimpulkan bahwa anak-anak yang sudah mengenal musik dan belajar memainkan alat musik sjeak dini ternyata lebih mampu memahami matematika ketimbang teman-teman sebayanya yang tidak dikenalkan oleh musik. Anak-anak ini bisa mengikuti pelajaran di sekolah dengan sangat baik. Kemampuan berbahasa mereka pun lebih tinggi ketimbang teman-teman sebayanya. Maka dari itu, penting untuk mengenalkan musik pada anak sejak dini, terutama dari sejak belum sekolah. Dengan mendaftarkan anak Anda ke sekolah musik terdekat, ia akan bisa membaca dan berhitung lebih cepat, dan dengan demikian kecerdasan intelektualnya pun akan semakin meningkat.

1 Response to "Musik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Intelektual"

  1. wah baru tau kalau musik dapat mencerdaskan otak. mantap :-)
    masirul

    ReplyDelete