Mengenal Dua Alat Musik Modern yang Dimainkan Dengan Cara Ditiup

Alat musik modern adalah intrumen musik yang seringakali dijumpai baik di pertunjukan-pertunjukan sekolah, daerah maupun acara TV skala nasional dan internasional. Banyak band-band yang menyanyikan lagu baik pop, rock, RnB, dangdut dan jazz yang menggunakan intrument modern seperti drum, biola gitar akustik, gitar listrik, piano, keyboard, pianika dan lain sebagainya. Biasanya alat musik modern dimainkan dengan cara dipukul, ditekan dan dipetik. Akan tetapi artikel ini akan mengulas dua buah intrumen musik yang bergenre modern yang dimainkan dengan cara ditiup. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa menyimak ulasan dan uraian di bawah ini.

Saksofon: Alat musik tiup modern yang elegan
Saxopohone atau Saksofon adalah salah satu alat musik yang tergolong dalam instrumen modern yang dimainkan dengan cara ditiup. Instrumen jenis ini bisa digolongkan dalam keluarga brasswind.  Saksofon dimainkan dengan cara ditiup melalui singe-reed yang mirip dengan klarinet sambil menekan tombol-tombol besi untuk mengasilkan suara atau nada yang dihasilkan. Instrumen ini dibuat dari besi sehingga bisa dikatakan agak berat. Saksofon diciptakan oleh Adolphesax pada hampir 170 tahun yang lalu atau pada tahun 1846. Seringkali, Saksofon dimainkan di musik-musik jazz meskipun pada awalnya ditujukan untuk penggunaan instrumen orkestra dan band militer.

Terompet: Alat musik tiup moden yang membutuhkan nafas panjang
Alat musik tiup modern yang kedua adalah Terompet. Terompet termasuk dalam jajaran instrumen logam yang dimainkan dengan cara ditiup dan berada di tingkatan tertinggi di atara Barinton, Tuba, Sousafon, Trombon dan French Horn.  Terompet hanya memiliki tiga tombol tetapi dengan embouchure yang tepat oleh pemainnya bisa menghasilkan nada yang berbeda. Instrumen ini bisa dimainkan oleh semua orang dari golongan apapun. Akan tetapi ada satu syarat yaitu nafas panjang dan kuat. Kemampuan ini dibutuhkan untuk menghasilkan nada yang pas. Oleh karena itu, pemain terompet tidak diperbolehkan mengonsumsi rokok dan disarankan untuk melakukan aktivitas maupun kebiasaan yang mampu melatih sistem pernafasan mereka.

0 Comment "Mengenal Dua Alat Musik Modern yang Dimainkan Dengan Cara Ditiup"

Post a Comment