Fakta Menarik Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Alat Musik Maraca

Alat musik maraca sebenarnya bukanlah jenis instrumen musik yang banyak digunakan oleh pemusik di Indonesia dan hanya beberapa dari mereka yang menggunakannya. Walaupun begitu, alat yang satu ini sebenarya cukup menarik untuk kita bahas lebih lanjut di sini. Fakta menarik yang pertama mengenai alat yang satu ini adalah bahwa alat ini termasuk di dalam kategori instumen perkusi. Secara lebih spesifik, ini termasuk di dalam kategori perkusi idiofoni, atau instrumen perkusi yang bisa menghasilkan suara dengan cara menggetarkan seluruh bagiannya. Tentu saja bagian yang dimaksud di sini adalah bagian yang menggelembung yang terletak tepat setelah pegangan dari alat ini.

Desain Maraca Yang Unik

Fakta unik selanjutnya terletak pada desain alat musik maraca itu sendiri. instrumen musik ini terlihat seperti bulatan agak lonjong dengan berbagai ukuran yang dilengkapi dengan pegangan atau handle yang akan memudahkan pemain untuk memainkannya. Sebenarnya, alat yang berasal dari Amerika Latin ini dibuat dengan menggunakan semacam labu yang dikeringkan. Bagian yang digunakan adalah bagian tempurungnya. Terkadang, tempurung kelapa juga bisa digunakan dalam pembuatannya. Selain itu, alat ini juga diisi dengan biji-bijian kering sehingga saat digetarkan ada suara khas yang dihasilkan. Desain dari maraca juga unik karena biasanya bagian luarnya didekorasi dengan berbagai gambar dan pola, terutama pada bagian tempurungnya. Walaupun begitu, ada juga maraca yang tetap menggunakan warna aslinya tanpa didekorasi sama sekali sehingga kesan yang lebih sederhana bisa lebih terlihat.

Pemusik Terkenal Yang Juga Dikenal Sebagai Pemain Maraca

Sepintas, alat musik maraca memang terlihat hanya sebagai instrumen pelengkap atau pengiring saja. Walaupun begitu, anda perlu mengetahui bahwa sebenarnya cukup banyak pemusik yang karirnya dikenal sebagai pemain maraca atau maracas player. Biasanya mereka tergabung dalam grup musik atau band, terutama yang mempunyai aliran jazz. Beberapa contoh diantaranya adalah: Machito yang terkenal di era 40an dan juga Monguito yang juga dikenal sebagai pentolan sebuah band, vokalis, komposer, dan juga produser.
Baca juga: http://annamaria323.blogspot.com/2015/06/alat-musik-modern-dan-keterangannya.html


0 Comment "Fakta Menarik Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Alat Musik Maraca"

Post a Comment