Musik Perjuangan Lahir di Masa Penjajahan

Ada banyak jenis dan karakter musik di Indonesia, salah satunya adalah musik perjuangan yang lahir pada masa penjajahan baik itu Belanda maupun Jepang. Tujuan dari musik ini dibuat adalah untuk mengobarkan rasa semangat kepada para pejuang kemerdekaan untuk melawan penjajah yang menindas pribumi.

Di dalam setiap lirik lagu perjuangan akan disisipkan kalimat berupa ajakan untuk rela berkorban, dan tentunya alunan musik dari lagu-lagu perjuangan selalu penuh semangat. Pada zaman dahulu alat musik yang dipakai oleh mereka untuk mengiringi lagu perjuangan dengan seadanya. Ada banyak lagu-lagu perjuangan di Indonesia contohnya "Maju Tak Gentar".

Musik atau lagu perjuangan adalah salah satu yang wajib kita pelajari dan kita lestarikan karena ini sebagai bukti kita menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk bangsa ini.

Sampai sekarang musik perjuangan masih dilantunkan terutama pada saat upacara bendera, atau dalam kegiatan tertentu. Lagu-lagu tersebut biasanya dinyanyikan secara  Mars atau bersamaan berkelompok.
Baca juga Tips mengatasi demam panggung

0 Comment "Musik Perjuangan Lahir di Masa Penjajahan"

Post a Comment