Cara Memilih Gitar Akustik

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika anda hendak membeli alat musik gitar akustik seperti bentuk atau desain gitarnya, kualitas suara sampai harga. Namun sebelumnya, pastikan anda tahu gitar akustik apa yang akan anda beli. Ada dua jenis gitar akustik, yaitu akustik klasik dan akustik biasa. Gitar akustik klasik biasanya untuk bermain lagu klasik dan sangat identik dengan senar nilon yaitu senar yang seperti senar pancing. Tipe yang kedua yaitu gitar akustik biasayang sangat populer dengan sebutan gitar string.Contoh gitaris dengan gitar string ini adalah Depapepe.

Desain gitar yang akan dibeli
Setelah memahami selera musik anda dan menentukan gitar akustikmana yang akan anda beli, kini saatnya anda memperhatikan desain gitar. Desain alat musik gitar sangat menentukan kenyamanan pada saat anda menggunakan gitar. Jika anda berabadan kecil, jangan coba-coba untuk membeli gitar ukuran besar karena tidak akan nyaman pada saat digunakan. Intinya, sesuaikanlah gitar dengan bentuk badan dan tangan anda. Dari bentuknya, anda bisa juga menentukan neck yang paling pas dengan jari anda. Hal ini juga penting untuk kenyamanan pada saat anda bermain gitar.Perhatikan juga kualitas kayu yang digunakan dan finishing gitar tersebut.Gitar dengan kayu yang bagus biasanya terasa agak berat. Pastikan juga gitar yang akan anda beli itu bebas gores dan catnya mengilat tanpa cacat.

Kualitas suara dan harga
Dari semua kriteria gitar akustik yang telah disebutkan diatas, suara merupakan hal yang paling penting. Ada banyak tipe karakter suara alat musik ini, seperti bulat, mendem, cempreng, dan lain sebagainya. Untuk mengecek apakah suaranya fals atau tidak, anda bisa mengeceknya dengan memainkan nada fret 12 ke atas. Anda juga disarankan untuk mengecek satu persatu nada pada gitar tersebut untuk menghindari adanya fret buzzing sehingga nadanya tidak sempurna. Hal yang terakhir yang harus diperhatikan ketika membeli gitar akustik adalah harganya. Untuk itu, sebaiknya anda melakukan survey harga sebelum membeli gitar akustik supaya anda tidak merasa dirugikan.

0 Comment "Cara Memilih Gitar Akustik"

Post a Comment